Thursday, May 3, 2007

Ya Solat, Ya Haji ,
Ya Umroh
Ber-kali2 ..... Ya Korupsi !!!!


Negeri tetangga kita Republik indonesia , konon penduduknya nomer 4 sak dunia - setelah Cina, India, USA - Jumlahnya naudzubillah 220juta !. Wolungpuluh (80) persennya beragama Islam. Jadi negeri tetangga kita ini disebut juga Negeri Muslim Terbesar didunia- meskipun bukan negara Islam, tapi mayoritas ummatnya Islam.
Makanya tidaklah gumum bin heran, kalau rumah2 ibadat - masjid2- yang megah terdapat dimana2, dikampung dikota. Disetiapkantor Pemerintah maupun kantor2 Perusahaan Swasta, rasanya belum "sholeh" kalau tiak ada masjid - mushollanya.
Mobil2pejabat Pemerintah yang di Indonesiadisebut Birokrat, apapunmereknya - pasti digantungan tasbih pada kaca spion didalam mobilnya dan dijok belakangnya /tempat dudukbelakang terlempit "sajadah".
Pengajian2 , dikantor Pemerintah, paling tidak 1 minggu sekali pasti digelar. Pada bulan2 umroh atau bulan haji, mereka ramai2 pergi ke Tanah Suci. Bukan hanya sekali,bahkan berkali2.
Demikian juga pengajian/ kuliah subuh, hampir semua TV Indonesia memiliki progam pengajian dengan nama acara yang berbeda2. Yang tak kurang hebatnya , pembicara2 nya bersorban , berjenggot agar kelihatan kesalehannya . Setiap jadwal waktu sholat, adzanpun dikumandangkan .Progam acara dzikir jamai, tak kalah maraknya. Dilakukan secara khusuk, bahkan pakai menangis segala.
Tapi ternyata, atmosfir kesalehan tsb. tidak tampak dalam kesehariannya. Korupsi tetap marak. Bahkan dilakukan secara berjamaah. Korupsi tetap menjadi iqon Negeri tetangga kita. Sehingga predikat juaradunia Korupsi tetap disandang Indonesia. Dalam bahasanya orang2 IAIN keslehan rtualnya tidak dibarengi dengan kesalehan muamalahnya " Mengapa ?
Barangkali jawabannya .... mayoritas orang Indonesia masih sebatas sebagai orang ISLAM, belummenjadi orang yang ber IMAN. Sebagaimana Alloh jelaskan dalam Al Quran " ..... ketika orang2 Badui itu datang kepada Muhammad " Aku telah berIslam " Alloh menyuruh Muhammad menjawab, "benar engaku telah Islam /berserah diri tapi Engkau belum beriman karena Iman belum masuk dalamlubuk hatimu yang paling dalam ( Al Hujurat ).

No comments: