Saturday, May 26, 2007

Sama Tapi Tidak Serupa :
Antara Rohmin Hood d/h Rohmin Dahuri
dan Robin Hood.


Sampeyan tau kan Robin Hood ? Itu lho jagoan di Film. Biasa disebut Lakone. Menangan dan hobbynya pake pedang. Sing jelas, dia bukan wong Sampangan atau wong Noyontakan. Aslinya Wong Nggambaran. Wong Bioskop. Dia itu wong hebat. Tukang ngrampok duitnya orang2 kaya., kemudian dibagikan kepada “orang2 miskin yang papa "

Lha Rohmin Dahuri ?

Asli Tjribon. Keluarganya nelayan. Tentu saja bukan anak alang2. Katanya anak yang soleh. Ibadahnya sregep. Tukang kasih ceramah agomo. Masih muda, pinter. Gelarnya saja Prof.DR, bukan Profesi Dalam Rohani lho alias dukun. Ahli kelautan. Sebelum jadi Menteri, dulu jadi Dirjen jaman Menterinya Sarwono Kusuma Atmaja . Waktu Mbakyu Megawati jadi Presiden dan kepincut, maka diangkatlah Rohmin jadi Pak Menteri Kelautan Dan Perikanan (DKP).

Rohmin ngumpulan duit dari “pemotongan “Dana Anggaran yang sebetulnya diperuntukkan untuk Masyarakat Nelayan. Tidak seperti Robin Hood, yang pakai pedang, Rohmin pake SK . Dan hasil “rampokannya” itu, dia bagi2kan bukan kepada “orang2 miskin papa”, tapi kepada “orang2 kaya politisi, calon2 Presiden” dan sebagaian untuk dirinya sendiri.

Jadi sama tapi tak serupa kan ? Si Robin Hood ngrampok orang2 kaya, hasilnya untuk orang2 miskin, kalau Rohmin, orang2 miskin “disunat” , hasilnya untuk orang2 kaya.

Karena sama , walaupun beda, barangkali Rohmin tidak salah kalau namanya dirubah

biar sedikit keren , jadi “Rohmin Hood.” .

No comments: